ESSAY

Writer / NIM
YANA DENGO / 151408313
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Advisor 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstract
ABSTRAK YANA DENGO. NIM. 151 408 313.. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing 2. Nurhayati Tine, S.Pd. I., M.H.I Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran PKN materi kebebasan berorganisasi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKN materi kebebasan berorganisasi melalui Pendekatan CTL (Contekstual Teaching learning) di kelas 5 SDN 1 Biyonga Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Metode ini digunakan dengan maksud untuk memberikan gambaran terhadap keadaan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKN materi kebebasan berorganisasi melalui Pendekatan CTL (Contekstual Teaching learning) di kelas 5 SDN 1 Biyonga Kabupaten Gorontalo. Dari hasil penelitian dapat digambarkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKN materi kebebasan berorganisasi yang akan diupayakan peningkatannya melalui Pendekatan CTL (Contekstual Teaching learning), di mana pada observasi awal hasil belajar siswa 53% siswa pada kategori tuntas meningkat menjadi 66.7% pada siklus I, dan 81% pada siklus II. Melihat keberhasilan pada penelitian ini, maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Jika guru menggunakan pendekatan Contekstual Teaching Learning (CTL) maka hasil belajar siswa pada pembelajaran PKN materi kebebasan berorganisasi di kelas 5 SDN 1 Biyonga Kabupaten Gorontalo akan meningkat, dapat diterima”. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran CTL
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011