ESSAY

Writer / NIM
YANTI SULEMAN / 151408316
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Advisor 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstract
Abstrack YANTI SULEMAN. Meningkatkan pemahaman siswa pada materi bangga sebagai bangsa Indonesia melalui pembelajaran kooperatif student achievent division (STAD) di kelas III SDN No.87 kota tengah kota Gorontalo. Skripsi program SI PGSD Jurusan pendidikan guru sekolah dasar. Fakultas ilmu pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pemahaman siswa kelas III pada materi bangga sebagai bangsa Indonesia, dan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III tentang materi bangga sebagai bangsa Indonesia. Penelitian ini menggunakan model pembelajar STAD yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran PKN khususnya pada materi bangga sebagai bangsa Indoonesia. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menerapkan model pembelajaran STAD peningkatan pemahaman materi siswa belum mencapai indikator yang diharapkan. Sehingga dilaksanakan siklus II sebagai refleksi dari siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan pemahaman siswa yaitu dari 63 % meningkat menjadi 86,25 % atau indikator kinerja tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa. Kata Kunci: Peningkatan pemahaman siswa, model pembelajara pembelajaran kooperatif student achievent division (STAD)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011