ESSAY

Writer / NIM
YATI JAELANI / 151408317
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Advisor 2 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Abstract
ABSTRAK Yati Jaelani. 2012. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Teknik Reinforcement Di Kelas III SDN NO 87 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd, M.Pd danPembimbing II Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan “ Apakah Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Teknik Reinforcement Di Kelas III SDN NO 87 Kota Tengah Kota Gorontalo Dapat Meningkat ?’’. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui teknik reinforcement di kelas III SDN NO 87 Kota Tengah Kota Gorontalo. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang untuk mendeskripsikan kemampuan berbicara siswa melalui teknik reinforcement di kelas III SDN NO 87 Kota Tengah Kota Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian observasi, dan wawancara dapat diperoleh hasil penelitian pada siklus I tentang kemampuan berbicara siswa kelas III SDN NO 87 Kota Tengah Kota Gorontalo dalam pembelajaran bahasa indonesia hanya mencapai 57 % ( 17 orang ) dari jumlah siswa 30 orang. Sementara pada siklus II mencapai 88 % ( 26 orang ) dari jumlah siswa 30 orang. Berdasarkan hasil capaian tersebut, kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia melalui teknik reinforcement meningkat 31 %. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas III SDN NO 87 Kota Tengah Kota Gorontalo dalam hal menceritakan peristiwa dapat ditingkatkan dengan menggunakan teknik reinforcement. Kata Kunci : Berbicara, Teknik Reinforcement
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011