ESSAY

Writer / NIM
YETI TOWALU / 151408320
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstract
Yeti Towalu. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jual Beli Melalui Model Scramble di Kelas III SDN 3 Isimu Raya Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Gorontalo Jurusan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan pembimbing II Dra Elmia Umar, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model Scramble dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jual Beli di Kelas III SDN 3 Isimu Raya Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi jual beli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas untuk memberikan gambaran terhadap keadaan peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi jual beli. Data-data dikumpulkan melalui lembar observasi berupa lembar pengamatan kegiatan siswa, dan teks evaluasi belajar siswa untuk mengukur hasil belajar siswa dan kebehasilan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I terdapat 14 siswa atau sebesar 46,67% dari 20 siswa belum memperoleh nilai 70 keatas sehingga belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan dan dilanjutkan kesiklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan yaitu sebanyak 27 orang atau 90%, hasil ini melebihi target indikator kinerja sebesar 80% dari jumlah siswa sebanyak 30 orang. Sehingga pembelajaran dianggap tuntas. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Scramble hasil belajar Siswa tentang jual beli di Kelas III SDN 3 Isimu Raya Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata kunci : Hasil Belajar, Jual Beli, Model Scramble.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011