ESSAY

Writer / NIM
YULIA F. KOTTON / 151408322
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Advisor 2 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Abstract
Yulia F. Kotton. 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menyimak Cerita Pendek Melalui Permainan Bisik Berantai di Kelas V SDN 88 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd. M.Pd dan Pembimbing II Ibu Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd. M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah kemampuan siswa dalam menyimak cerita pendek melalui permainan bisik berantai di Kelas V SDN 88 Kota Tengah Kota Gorontalo dapat meningkat?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimak menyimak cerita pendek melalui permainan bisik berantai pada pelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN 88 Kota Tengah Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdapat 4 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi. Penelitian ini dibantu oleh guru lain yang bertindak sebagai pengamat. Jumlah subyek penelitian sebanyak 26 orang dengan 14 laki-laki dan 12 perempuan. Hasil tes kemampuan siswa menyimak cerita pendek selama pelaksanaan tindakan untuk aspek pemahaman isi pada siklus I hanya mencapai 46,15 %, pada siklus II meningkat menjadi 76,92 %. Aspek ketepatan penangkapan pada siklus I mencapai 57,69 %, pada siklus II meningkat menjadi 80,77 %. Aspek kelogisan pada siklus I hanya mencapai 46,15 %, pada siklus II meningkat menjadi 73,08 %. Aspek konsentrasi siswa pada siklus I mencapai 76,92 %, pada siklus II meningkat menjadi 100 %. Aspek ketelitian pada siklus I hanya mencapai 46,15 %, pada siklus II meningkat menjadi 76,92 %. Secara keseluruhan, persentase rata-rata untuk kelima aspek penilaian yaitu persentase rata-rata pada siklus I mencapai 57,69 % pada siklus II meningkat menjadi 81,54 %. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat dikatakan bahwa permainan bisik berantai dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimak cerita pendek di kelas V SDN 88 Kota Tengah Kota Gorontalo. Kata Kunci: KemampuanMenyimak, Cerita Pendek, Permainan Bisik Berantai
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011