ESSAY

Writer / NIM
YULIATI YUSUF / 151408324
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Advisor 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstract
ABSTRAK Yuliati Yusuf, NIM 151 408 324. 2012. Meningkatkan Kemampuan Menghitung Pengurangan Pecahan Campuran Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Siswa Kelas V SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan S1-PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai, S.Pd M.Pd, Pembimbing II Ismail Pioke S.Pd M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) kemampuan menghitung pengurangan pecahan campuran pada siswa kelas V SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghitung pengurangan pecahan campuran melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Variabel penelitian yang digunakan adalah variabel input, variabel proses dan variabel output. Instrument penelitian yang digunakan dalam mengumpul data adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pelaksanaan siklus I terdapat 13 orang atau 56,52% siswa yang mampu menghitung pengurangan pecahan campuran dan 9 orang atau 39,13% siswa yang tidak mampu menghitung pengurangan pecahan campuran. Pada pelaksanaan siklus II terdapat 19 orang atau 82,61% siswa yang mampu menghitung pengurangan pecahan campuran, sementara untuk siswa yang tidak mampu menghitung pengurangan pecahan campuran ada 4 orang atau 17,39% siswa. Hasil penelitian ini berdasarkan dari pengolahan data yang dilakukan oleh peneliti pada siklus I dan siklus II dengan aspek-aspek kegiatan siswa yang diamati dan dinilai terdiri dari 2 aspek yakni : (a) kemampuan dalam mengurang pecahan campuran (b) kemampuan dalam mengurang pecahan campuran melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Hal ini berarti terjadi peningkatan terhadap kemampuan mengurang pecahan campuran pada siswa kelas V SD No.85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) meningkatkan kemampuan menghitung pengurangan pecahan campuran. Kata Kunci: Kemampuan, kooperatif, Think Pair Share
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011