ESSAY

Writer / NIM
YULMAWATI T. MOONTY / 151408325
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Advisor 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstract
ABSTRAK Yulmawati Moonti. Nim. 151408325. 2012. Meningkatkan Kemampuan Menjumlahkan Dengan Dua Kali Teknik Menyimpan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Siswa Kelas III SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini bahwa “Apakah model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan kemampuan menjumlahkan bilangan dua kali teknik menyimpan di kelas III SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menjumlahkan bilangan dengan dua kali teknik menyimpan melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match di kelas III SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yakni siklus I dan siklus II. Hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas III SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo dengan jumlah siswa 26 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 13 orang siswa perempuan yang pada siklus I menunjukkan bahwa dalam menjumlahkan bilangan dengan dua kali teknik menyimpan hanya 7 orang atau 26,92 % yang memperoleh kriteria tuntas, sedangkan pada siklus II kemampuan siswa meningkat menjadi 23 orang siswa atau 88,46 % yang memperoleh nilai ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Make a Match kemampuan menjumlahkan bilangan dengan dua kali teknik menyimpan pada siswa kelas III SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo meningkat. Kata Kunci: Kemampuan Menjumlahkan Dengan Dua Kali Teknik Menyimpan, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011