ESSAY

Writer / NIM
ZANURAIN H. BANSER / 151408334
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Advisor 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstract
ABSTRAK Zanurain H. Banser,2012. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Melalui Metode Sosiodrama Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Pembimbing I Dra. Hawa Pattiha, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “apakah kemampuan siswa dalam berbahasa lisan melalui metode sosiodrama di Kelas V SDN No.85 Kota Tengah Kota Gorontalo dapat meningkat?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan melalui metode soiodrama pada siswa kelas V SDN No.85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. penelitian ini dilakuakn sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdapat 4 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi. Penelitian ini dibantu oleh guru mata pelajaran yang bertindak sebagai pengamat. Jumlah subyek penelitian sebanyak 24 siswa dengan 12 laki-laki dan 12 perempuan. Hasil tes kemampuan siswa dalam berbahasa lisan selama pelaksanaan tindakan untuk aspek keruntutuan keberanian dalam berbicara pada siklus I hanya mencapai 66.66%, pada siklus II meningkat menjadi 91.66%. aspek pengucapan dengan intonasi yang tepat pada siklus I mencapai 33.34%, pada siklus II meningkat menjadi 8.34%. aspek menghayati kata-kata yang disampaikan pada siklus I mencapai 66.66%, pada siklus II meningkat menjadi 8.34%. secara keseluruhan, presentase rata-rata untuk ketiga aspek penilaian yaitu presentase rata-rata pada siklus I mencapai 66.66%, pada siklus II meningkat menjadi 91.66%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa metode soiodrama dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan pada siswa kelas IV SDN No.85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Kata kunci: Berbahasa Lisan, Metode Sosiodrama.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011