ESSAY

Writer / NIM
ZULAEHA A. ISHAK / 151408337
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Advisor 2 / NIDN
Dra PERTIWI LABORO, M.Pd / 0011125404
Abstract
ABSTRAK Zulaeha Ishak. 2012. Meningkatkan kemampuan menulis ringkasan melalui pendekatan proses. (Suatu penelitian di kelas III SDN No. 28 Kota Selatan Kota Gorontalo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Wiwy T. Pulukadang, S. Pd, M.Pd, Pembimbing II Dra. Pertiwi Laboro, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan melalui pendekatan proses dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa di kelas III SDN No. 28 Kota Selatan Kota Gorontalo?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan pendekatan proses dapat meningkatkan kemampuan menulis ringkasan. Hasil pelaksanaan tindakan kelas menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis ringkasan dapat ditingkatkan melalui pendekatan proses pada siswa kelas III SDN NO. 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Pada observasi awal menunjukkan bahwa hanya 2 siswa (5,55%) yang memiliki kemampuan dalam menulis ringkasan. Pada pelaksanaan kegiatan siklus I mengalami peningkatan menjadi 23 siswa atau 63,88%. Pada siklus II jumlah ini mengalami peningkatan menjadi 32 siswa atau 88,88% dari 36 siswa SDN NO. 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan proses dapat dijadikan alternatif oleh guru dalam pembelajaran karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis ringkasan yang ditandai dengan perubahan nilai perilaku siswa. Kata kunci : Kemampuan, menulis ringkasan, pendekatan proses
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011