ESSAY

Writer / NIM
FATMAH LAHATI / 151408367
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Advisor 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstract
ABSTRAK Fatma Lahati. Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Cerita Anak Melalui Model Pebelajaran Jigsaw Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Dembe I Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo. Tugas Akhir. Program Studi S-1 PGSD Jurusan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2012. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Apakah dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur cerita anak pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas v Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Dembe I akan meningkat ?” Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan megidentifikasi unsur cerita anak melalui model pembelajaran jigsaw di kelas v Marasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Dembe I Kota Barat Kota Gorontalo. Penelitian diawali dengan observasi awal. Hasilnya, siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas hanya 4 orang atau 18,18% dan daya serap 55,90%. Hasil penelitian pada siklus I, dari 22 orang siswa yang mendapatkan nilaiu 70 ke atas sebanyak 8 orang atau 36,36% dan daya serap 62,72%. Oleh sebab itu dilaksanakan tindakan siklus II sebagai refleksi siklu I. Pada siklus II terjadi peningkatan. Dari 22 orang siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas sebanyak 20 orang atau 90,90 % dan daya serap menjadi 83,63 %. Hasil pada siklus II ini menunjukkan bahwa indikator kinerja telah tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran jigsaw telah dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V Madrasah ibtidaiyah Muhammadiyah Dembe I dalam mengidentifikasi unsur cerita anak. Kata Kunci : jigsaw, mengidentifikasi, unsur cerita, intrinsik, cerita anak
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011