ESSAY

Writer / NIM
MAYARA USULU / 151408408
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Advisor 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstract
Mayarah Usulu. 2012. Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Model Cooperative Integrated Reading Composition Pada Siswa Kelas V SDN No. 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, M.Pd. dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD melalui model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC). Permasalahan yang penulis angkat dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran kooperatif model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa SD kelas V? Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas, penulis menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), teknik pengumpulan data dalam bentuk observasi, tes, dan dokumentasi. Pada siklus I, siswa sudah dapat menentukan tema cerita, menyebutkan tokoh cerita dalam bacaan, menentukan amanat dari cerita yang dibacanya, memprediksi bagaimana cerita itu terjadi serta dapat membuat ikhtisar dari cerita yang dibacanya. Disamping itu pengamatan penilaian psikomotor pada siklus II menunjukkan bahwa siswa kelas V SDN No. 28 Kota Selatan Gorontalo rata-rata memperoleh nilai 8,06 atau 8,1. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah terjadi peningkatan kemampuan membaca pemahaman tentang isi cerita yang dibacanya Berdasarkan uraian pada siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN No. 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Kata kunci: membaca, pemahaman, model cooperative integrated reading composition.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011