ESSAY

Writer / NIM
RAHAMA M. ALI / 151408433
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstract
ABSTRAK Rahama M. Ali. NIM 151 408 433. “Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Melalui Model Make A Match di Kelas III SD Al-Huda Kota Gorontalo”. Skripsi. 2012. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan model make a match dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi ‘Jenis-Jenis Pekerjaan’ dalam pelajaran IPS di kelas III SD Al-Huda Kota Gorontalo. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Jenis-Jenis Pekerjaan melalui model make a match di kelas III SD Al-Huda Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN SD Al-Huda Kota Gorontalo yang berjumlah 17 orang yang terdiri dari 7 laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian ini berlangsung sebanyak dua siklus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif, serta analisis data aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan persentase. Hasil penelitian tindakan kelas ini menujukkan adanya peningkatan hasil pemahaman siswa yang mencapai pada indikator kinerja. Dari jumlah siswa keseluruhan 17 orang, Pemahaman siswa pada siklus I belum mencapai indikator yang diharapkan. Pada aspek menjelaskan yang paham berjumlah 9 siswa (53%), pada siklus II meningkat menjadi 14 orang siswa (82%). Pada aspek kemampuan menjawab yang paham berjumlah 9 orang siswa (53%) pada siklus II menjadi 16 orang siswa (95%) . Pada aspek membedakan yang paham berjumlah 9 siswa (53%) pada siklus II menjadi 17 orang siswa (100%). Pada aspek menyimpulkan yang paham berjumlah 9 orang siswa (53%) dan pada siklus II menjadi 16 orang siswa (95%). Kata Kunci: Pemahaman siswa, materi Jenis-jenis Pekerjaan, model Make a Match.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011