ESSAY

Writer / NIM
RATNA J. POLAMOLO / 151408442
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Advisor 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstract
ABSTRAK Ratna J. Polamolo 2012.“Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyusun Pantun Bersarkan Tema Melalui Metode Inquiry Di Kelas IV SDN No 39 Hulonthalangi Kota Gorontalo” Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dra. Hj. Evi Hasyim, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah,“Apakah Metode Inquiry dapat meningkatakan kemampuan siswa kelas IV SDn No 39 Hulonthalangi kota Gorontalo dalam menyusun pantun berdasarkan tema ?. Dan yang menjadi tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menyusun pantun berdasarkan Tema Melalui Metode Inqiury Di Kelas IV SDN no 39 Hulontalangi Kota Gorontalo. Dari hasil observasi awal kemampuan siswa menyusun pantun 36,84% kategori mampu, 36,84% kurang mampu dan 26,31% tidak mampu. Berdasarkan hasil observasi tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas Siklus I dan tenyata kemampuan siswa menyusun pantun 52,63%, kurang mampu 26,31 % dan tidak mampu 21,05%, pada siklus II kemampuan siswa menyusun pantun 78,94%, kurang mampu 10,52%, dan tidak mampu 10,52% sehingga antara siklus I dan II terjadi peningkatan yang signifikan yakni sebesar 26,31%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas IV SDN No 39 Hulonthalangi Kota Gorontalo dalam menyusun pantun berdasarkan tema dapat ditingkatkan melalui metode inquiry. Kata Kunci : Pantun, Metode Inquiry
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011