ESSAY

Writer / NIM
SAPIYAH AHMAD / 151408455
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Advisor 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstract
SAPIYAH AHMAD. 2012. Penerapan Metode SAS dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Permulaan Kelas II SDN No 18 Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd. M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa menulis permulaan di kelas II SDN No. 18 Dungingi kurang memuaskan karena tidak memenuhi kriteria ketuntasan telah ditetapkan yaitu 70. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa kelas II SDN No.18 Dungingi Kota Gorontalo dalam menulis permulaan melalui metode SAS. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas II SDN No. 18 Dungingi. Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tehnik observasi dan tehnik dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran melalui metode SAS dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis permulaan di kelas II SDN No. 18 Dungingi. Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan yang diperoleh siswa sebelum menggunakan metode SAS ketuntasan hanya berjumlah 12 orang atau sebesar 42.86%, setelah dilakukan analisis data hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan dari 28 siswa yang dikenakan tindakan, 18 siswa atau 64.29% yang mencapai nilai 70 keatas. Jumlah dan persentase meningkat pada siklus II dari 28 siswa yang dikenakan tindakan 25 orang atau 89,29% yang memperoleh nilai 70 keatas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis permulaan melalui metode SAS dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar siswa kelas II SDN No. 18 Dungingi Kota Gorontalo tahun 2011/2012. Kata Kunci: Menulis Permulaan, Metode SAS.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011