ESSAY

Writer / NIM
YUDIANA ZAKARIA / 151408500
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstract
ABSTRAK Yudiana Zakaria. NIM 151 408 500. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Letak Rumah dalam Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Langsung di Kelas I SDN 105 Kota Utara Kota Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Masalah dalam penelitian ini adalah “rendahnya hasil belajar siswa pada materi Letak Rumah dalam pelajaran IPS dan kurang efektifnya model pembelajaran yang diterapkan. Masalah ini akan diantisipasi melalui penerapan model pembelajaran langsung pada materi Letak Rumah. Tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas I SDN No. 105 Kota Utara Kota Gorontalo yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 12 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian ini berlangsung sebanyak dua siklus. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan metode yang digunakan adalah metode deskriptif, serta analisis data aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan persentase. Hasil penelitian tindakan kelas ini menujukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai pada indikator kinerja. Dari jumlah siswa keseluruhan 20 orang, maka pada siklus I mencapai ketuntasan sebanyak 12 siswa atau 60% dengan daya serap klasikal sebesar 71,75. Pada siklus II, ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 18 orang atau 90% dengan daya serap klasikal sebesar 79,25. Untuk hasil observasi kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan yang signifikan secara bertahap dalam pelaksanaannya pada setiap siklus. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah hipotesis yang diajukan, diterima; dan indikator kinerja terpenuhi. Kata Kunci: Hasil belajar siswa, materi Letak rumah dalam pelajaran IPS, model pembelajaran langsung.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011