ESSAY

Writer / NIM
KRESNA SESCA KATILI / 151408610
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Advisor 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstract
Media Gambar Tunggal di Kelas I SDN No. 7 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum, dan Pembimbing II Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui media gambar tunggal kemampuan berbicara siswa kelas I SDN No. 7 Kota Barat Kota Gorontalo akan meningkat? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas I SDN No. 7 Kota Barat Kota Gorontalo yang berjumlah 22 orang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berbicara siswa melalui media gambar tunggal di kelas I SDN No. 7 Kota Barat Kota Gorontalo. Berdasarkan hasil observasi dan pembahasan , dapat diperoleh hasil penilaian pada siklus I tentang kemampuan berbicara siswa SDN No. 7 Kota Barat Kota Gorontalo belum menunjukkan hasil yang sesuai dengan standar kriteria keberhasilan. Sebab dari 22 siswa yang dikenai tindakan, diperoleh hasil pengamatan, yaitu hanya 13 orang (59%) yang memiliki kemampuan berbicara. Pada siklus II terjadi peningkatan jumlah siswa yang sudah memiliki kemampuan berbicara, yaitu menjadi 18 0rang (82%). Berdasarkan hasil ini, maka indikator kinerja yang telah dirumuskan dalam penelitian ini, yaitu meningkatnya jumlah siswa yang mampu berbicara melalui media gambar tunggal pada siswa kelas I SDN No. 7 Kota Barat Kota Gorontalo yaitu 75%, telah tercapai. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas I SDN No. 7 Kota Barat Kota Gorontalo dalam hal kemampuan berbicara, dapat ditingkatkan melalui media gambar tunggal. Kata Kunci : Berbicara, Media Gambar Tunggal.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011