ESSAY

Writer / NIM
FAZRIN D. LAHAMI / 151408611
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Advisor 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstract
ABSTRAK Fazrin D. Lahami. 2012. “Penerapan Model Kontekstual Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi di Kelas V SDN 3 Upomela Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo”. Skripsi. Program Studi SI PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II. Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menerapkan Model Kontekstual dapat meningkatkan kemampuan Menulis Puisi di Siswa Kelas V SDN 3 Opumela Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo?” Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui penerapan model kontekstual siswa kelas V SDN 3 Opumela Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis puisi dapat ditingkatkan dengan penerapan model kontekstual. Pada siklus I terdapat 33% atau 5 orang siswa yang memperoleh kriteria tepat, 46,66 % atau 7 orang siswa memperoleh kriteria kurang tepat, dan 3 orang atau 20 % memperoleh kriteria tidak tepat dan pada siklus II meningkat menjadi 80 % atau 12 orang siswa memperoleh kriteria tepat, 6,66 % atau 1 orang memperoleh kriteria kurang tepat dan 13,33 % atau 2 orang memperoleh kriteria tidak tepat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan kontekstual, maka kemampuan siswa menulis puisi dapat ditingkatkan. Kata Kunci : Model Kontekstual , Puisi.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011