ESSAY

Writer / NIM
NURJANA DATAU / 151408613
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Advisor 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstract
ABSTRAK Nurjana Datau, 2012.“Meningkatkan Kemampuan Mengalikan Pecahan Biasa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas V SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo”. Skripsi Program Strata 1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing 1, Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd Pembimbing II, Dra. Martianty Nalole, M.Pd. Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah “Apakah Kemampuan Mengalikan Pecahan Biasa Pada Siswa Kelas V SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match? Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan mengalikan pecahan biasa pada siswa kelas V SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Subyek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 23 yang terdiri dari 12 orang laki-laki 11 orang perempuan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang di laksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengalikan pecahan biasa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas V SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo dapat ditingkatkan. Pada siklus I terdapat 73,9% atau 17 siswa yang mampu mengalikan pecahan biasa atau mendapat nilai 65 ke atas, dan 26,1% atau 6 siswa yang belum mampu mengalikan pecahan biasa. Pada siklus II menjadi 95,6 % atau 22 siswa mampu mengalikan pecahan biasa dan 4,4% atau 1 siswa yang belum mampu mengalikan pecahan biasa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match kemampuan mengalikan pecahan biasa pada siswa kelas V SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo meningkat. Kata Kunci : Kemampuan, Mengalikan, Pecahan Biasa, Make a match.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011