ESSAY

Writer / NIM
TAUFIK MASENGGE / 151408615
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Advisor 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstract
ABSTRAK Taufik Masengge. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-sifat Benda Melalui Metode Eksperimen Di Kelas IV SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Drs. Djotin Mokoginta M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat benda di kelas IV SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango?. Tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada sifat-sifat benda di kelas IV SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yakni Penelitian Tindakan Kelas. Hipotesis penelitian "jika guru menggunakan metode eksperimen, maka hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango akan meningkat". Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen maka hasil belajar siswa tentang materi sifat-sifat benda di kelas IV SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango meningkat. Adapun hasil yang diperoleh yaitu pada siklus I Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan kriteria minimum pada mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan sekolah yakni 80 sebanyak 3 siswa dengan presentase 13,63%. Sedangkan pada siklus II, Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan sebanyak 20 siswa dengan presentase 90,9%. Berdasarkan data hasil tersebut maka jelas bahwa hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat benda di kelas IV SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan. Kata kunci : hasil belajar, sifat-sifat benda, metode eksperimen
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011