ESSAY

Writer / NIM
FEMMY MAMONTO / 151409031
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Advisor 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstract
ABSTRAK Femmy Mamonto. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Alternatif Melalui Metode STAD (Students Teams Achievement Division) Di Kelas IV SDN I Wakat Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Sukirman Rahim, M.Pd, M.Si dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah Melalui Metode STAD (Students Teams Achievement Division) Hasil Belajar Siswa pada Materi Energi Alternatif Di Kelas IV Wakat Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara akan meningkat?". Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui metode STAD di kelas IV SDN I Wakat Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas IV SDN I Wakat Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. dengan jumlah siswa 17 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 8 orang siswa perempuan yang pada siklus I menunjukkan 6 orang siswa yang memperoleh kriteria tuntas 35 % dengan daya serap 63 %. Pada siklus II meningkat menjadi 15 orang siswa atau 88 % dan daya serap 78 % dari hasil tersebut dinyatakan bahwa kriteria tuntas atau indikator tercapai. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan melalui metode STAD (Students Teams Achievement Division) pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Kata Kunci: Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS, Metode STAD
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011