ESSAY

Writer / NIM
TASMIN PENDE / 151409074
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Advisor 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstract
ABSTRAK Tasmin Pende, 2016. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Perubahan Wujud Melalui Penerapan Motode Inkuiri Di Kelas IV SDN 18 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Pd, M. Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan metode inkuiri akan meningkatkan hasil belajar siswa tentang perubahan wujud benda pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 18 Limboto Kabupaten Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang perubahan wujud melalui penerapan metode inkuiri di kelas IV SDN 18 Limboto Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus, dengan mengikuti langkah-langkah PTK yaitu persiapan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Disetiap akhir siklus dilakukan refleksi terhadap hasil yang dipeoleh untuk melakukan perbaikan pada siklus lanjutan. Melalui penggunaan metode inkuiri pada pembelajaran IPA khususnya tentang perubahan wujud benda, hasil belajar siswa dapat meningkat. Hal ini ditunjukkan oleh terpenuhinya indikator kinerja yang diharapkan yaitu minimal jumlah siswa yang dikenai tindakan dengan nilai ketuntasan. Dilaksanakannya penelitian tindakan kelas sampai pada siklus II karena proses pembelajaran di siklus I belum mencapai indikator kinerja atau hasil belajar siswa masih rendah. Setelah dilaksanakan refleksi pada siklus I maka pada pelaksanaan tindakan siklus II hasil belajar siswa telah meningkat atau telah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Perubahan Wujud Benda, Metode Inkuiri
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011