ESSAY

Writer / NIM
SASMITA BLONGKOD / 151409081
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Advisor 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstract

ABSTRAKSasmita Blongkod. 2014. Analisis Kesalahan Mengubah Bilangan Asli KeBilangan Romawi Pada Siswa Kelas IV SDN No. 6 Bulango Selatan KabupatenBone Bolango. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas IlmuPendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ismail Pioke, M.Pd danPembimbing II Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si.Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis kesalahan mengubahbilangan asli ke bilangan romawi pada siswa kelas IV SDN No. 6 Bulango SelatanKabupaten Bone Bolango.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif.dengan teknik pengumpulan data tes, wawancara dan studi dokumen.Berdasarkan hasil penelitian di kelas IV SDN No. 6 Bulango Selatan KabupatenBone Bolango mengenai materi mengubah bilangan asli ke bilangan romawi,masih banyak siswa yang belum memahami materi tersebut. dari 25 siswa dapatdilihat dari hasil beberapa kesalahan, diantaranya kesalahan prosedural dalammengunakan bilangan romawi berjumlah 8 siswa atau 32%, kesalahan dalampemanfaatan simbol berjumlah 4 siswa atau 16%, dan kesalahan dalammenggunakan/menerapkan aturan berjumlah 16 siswa atau 52%.Dengan demikian disimpulkan bahwa berdasarkan hasil penelitian di kelas IVSDN No.6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango mengenai materi mengubahbilangan asli ke bilangan romawi, kesalahan yang paling banyak dilakukan siswayaitu kesalahan dalam menggunakan/menerapkan aturan berjumlah 16 siswa atau52%.Kata Kunci : Analisis kesalahan, mengubah bilangan asli ke bilangan romawi

Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011