ESSAY

Writer / NIM
I WAYAN SUDIANA / 151409279
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Advisor 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstract
ABSTRAK I Wayan Sudiana. 2011. “Meningkatkan Pemahaman Konsep Menbandingkan Dua Pecahan Biasa Melalui Model Pembelajaran RME (Realistics Mathematic Education) Di Kelas III SDN No. 87 Kota Tengah.” Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II. Dra. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah pemahaman konsep membandingkan dua pecahan biasa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran RME ( Realistics Mathemathic Education) siswa kelas III SDN No. 87 Kota Tengah Kota Gorontalo ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam membandingkan dua pecahan biasa dengan menggunakan model pembelajaran RME ( Realistics Mathemathic Education) siswa kelas III SDN No. 87 Kota Tengah Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Metode ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam membandingkan dua pecahan biasa melalui model pembelajaran RME ( Realistics Mathemathic Education) siswa kelas III SDN No. 87 Kota Tengah Kota Gorontalo yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dengan jumlah siswa 26 orang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Dari hasil penelitian pada pembelajaran siklus I diproleh data, Dari 26 siswa yang dapat membandingkan dua pecahan biasa dengan tepat hanya 12 orang atau 46,1 % dan tidak tepat dalam membandingkan dua pecahan biasa 14 orang atau 53,8 %. Sedangkan pada siklus II meningkat dimana Dari 26 siswa yang dapat membandingkan dua pecahan biasa dengan tepat hanya 20 orang atau 76,9 % dan tidak tepat dalam membandingkan dua pecahan biasa 6 orang atau 23 %. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan maka penulis menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model RME ( Realistic mathematic Education ) pemahaman konsep membandingkan dua pecahan biasa pada siswa kelas III B SDN No. 87 Kota Tengah Kota Gorontalo meningkat. Kata Kunci : Konsep membandingkan, Pecahan Biasa, model pembelajaran RME ( Realistics Mathemathic Education).
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011