ESSAY

Writer / NIM
MARJAM JUSUF PAKAJA / 151409294
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Advisor 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstract
ABSTRAK Marjam J. Pakaja. 2012. Studi Tentang Faktor-Faktor Penyebab Siswa Bolos Sekolah di Kelas V SDN 1 Dulamayo Barat Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I ibu Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II bapak Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Faktor-faktor apakah penyebab siswa bolos sekolah dan upaya apa yang pernah dilakukan untuk mengurangi siswa bolos sekolah di SDN 1 Dulamayo Barat Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo?”. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh gambaran tentang faktor-faktor penyebab siswa bolos sekolah dan upaya yang selalu dilakukan untuk mengurangi siswa bolos sekolah di SDN 1 Dulamayo Barat Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dimana penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Observasi dilakukan pada siswa sedangkan wawancara dilakukan pada orang tua siswa. Hasil observasi diketahui bahwa siswa lebih dominan dalam membolos sekolah dan tidak mematuhi peraturan. Jumlah siswa yang sering membolos sekolah sebanyak 13 orang siswa, terdiri dari 6 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Mengacu pada 13 siswa yang sering bolos sekolah, peneliti mengadakan wawancara dengan orang tua siswa bersangkutan. Berdasarkan hasil wawancara, dapat diketahui dan disimpulkan bahwa yang paling dominan dan mempengaruhi siswa bolos sekolah disebabkan karena: (1) kurangnya minat dengan persentase sebesar 92,31 %, (2) pendidikan yang salah dari orang tua dengan persentase 76,92 %, (3) pengaruh fasilitas sekolah yang tidak memadai sebesar 76,92 %, dan (4) pengaruh tidak mau mengikuti tata tertib sekolah sebesar 92,31 %. Adapun upaya mengurangi faktor-faktor penyebab siswa bolos sekolah baik yang dilakukan guru maupun orang tua siswa adalah (1) memberi nasehat mencapai 92,31 %, dan (2) membekali anak dengan pendidikan moral dan agama yang baik dengan persentase mencapai 100 %. Kata Kunci: Bolos Sekolah
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011