ESSAY

Writer / NIM
SANTY DJAFAR / 151409295
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Advisor 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstract
ABSTRAK Santy Djafar. NIM. 151409295. 2012. Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Bilangan Asli Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas II SDN No. 1 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep perkalian bilangan asli pada siswa kelas II SDN No. 1 Kota Barat ?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian bilangan asli melalui model pembelajaran tipe STAD. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SDN No. 1 Kota Barat Kota Gorontalo, dengan jumlah siswa 20 orang. Indikator kinerja 85%, dari seluruh siswa yang dikenai tindakan mencapai nilai ketuntasan minimal 65 pada materi perkalian. Adapun hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I, pemahaman siswa menunjukkan bahwa dari 20 orang siswa yang dikenakan tindakan, 14 orang atau 70% memperoleh nilai 65 ke atas, sedangkan 6 orang atau 30% memperoleh nilai kurang dari 65. Hal ini belum sesuai dengan indikator yang ditetapkan. Pada siklus II, dari 20 orang siswa yang dikenakan tindakan, 18 orang atau 90% memperoleh nilai 65 ke atas, dengan demikian pada siklus II pemahaman siswa meningkat. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, pemahaman konsep perkalian bilangan asli pada siswa kelas II SDN No.1 Kota Barat Kota Gorontalo meningkat. Kata Kunci; Pemahaman, konsep, bilangan asli, Kooperatif Tipe STAD
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011