ESSAY

Writer / NIM
KARTIN LAURESTABO / 151409376
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Advisor 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstract

ABSTRAK

Kartin Laurestabo. 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam  Menulis Paragraf Melalui Metode Inkuiri Di Kelas III SDN 2 Tapa  Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hj. Sumarni Mohammad S.Pd, M.Pd  dan pembimbing II Dra Ratnarti Pahrun, M.Pd

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah kemampuan siswa dalam menulis paragraf dapat ditingkatkan melalui metode inkuiri di kelas III SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango?” Tujuan penelitian ini adalah melakukan pengumpulan data melalui proses pembelajaran dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis paragraf melalui metode inkuiri di kelas III SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas III SDN 2 Tapa  Kabupaten Bone Bolango. Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus diperoleh hasil dari 23 jumlah siswa yang dikenai tindakan pada siklus I yang mencapai kategori mampu sejumlah 14 orang atau 60.13%. Sedangkan pada siklus II kemampuan meningkat menjadi sejumlah sejumlah 21 orang atau 91.30%. Berdasarkan tindakan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa metode Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam  menulis paragraf di kelas III SDN 2 Tapa  Kabupaten Bone Bolango.

 

 

Kata Kunci: Menulis Paragraf, Metode Inkuiri

Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011