ESSAY

Writer / NIM
NOVITA BIYA / 151409401
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Advisor 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstract

ABSTRAK 

Sri Marni Ismail. 2013  Meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan deskripsi melalui pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas III SDN 7  Tibawa Kabupaten Gorontalo. Program Studi SI PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo . Pembimbing I. Dra. Hawa Pattiiha,S.Pd, M.Pd 

Pembimbing II. Dra. Ratnarti Pahrun,M.Pd

 

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan menulis karangan deskripsi melalui pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas III SDN 7 Tibawa Kabupaten Gorontalo dapat meningkat. Adapun  tujuan  penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan  menulis karangan deskripsi melalui pendekatan keterampilan  proses pada siswa kelas  III SDN 7 Tibawa Kabupaten Gorontalo.

 

Metode  yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Langkah dalam penelitian ini yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi.

Hasil penelitian pada obesrvasi awal menunjukkan dari 20  siswa, hanya 6 siswa atau 30% memiliki kemampuan menulis karangan deskripsi. Tindakan siklus I menunjukkan bahwa, dari 20 orang siswa yang dikenakan tindakan, 9 orang atau 45% memiliki kemampuan menulis karangan deskripsi. Persentase ini meningkat pada siklus II. Dari 20 orang siswa yang dikenakan tindakan, 17 orang siswa atau 81,25 % memiliki kemampuan menulis karangan deskripsi.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas III SDN 7 Tibawa Kabupaten Gorontalo. 

 

Kata Kunci :Menulis,karangan deskripsi, melalui pendekatan keterampilan proses

Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011