ESSAY

Writer / NIM
NANING ISMAIL / 151409469
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Advisor 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstract

ABSTRAK

 

Naning Ismail, 2013. Deskripsi Tipe-tipe Kesalahan Menjumlahkan Bilangan Bulat di Kelas 1V SDN 5 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran tipe-tipe kesalahan menjumlahkan bilangan bulat di kelas IV SDN 5 Telaga Kabupaten Gorontalo? Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tipe-tipe kesalahan menjumlahkan bilangan bulat di kelas IV SDN 5 Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif  melalui wawancara, tes, dan studi dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti terhadap subjek penelitian.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa deskripsi tipe-tipe kesalahan menjumlahkan bilangan bulat di kelas IV SDN 5 Telaga yaitu meliputi tipe kesalahan Corelles error yaitu kesalahan karena kecerobohan atau kurang cermat 173,3%, Weakness in process  yaitu kesalahan dalam keterampilan proses 123,3%, dan Enconding error yaitu kesalahan dalam menggunakan notasi 113,3%.

 

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa deskripsi  tipe-tipe kesalahan menjumlahkan bilangan bulat yaitu meliputi tipe kesalahan Corelles error, Weakness in process dan Enconding error.

 

 

Kata kunci: Tipe-tipe Kesalahan, Menjumlahkan, dan Bilangan Bulat.

 

Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011