ESSAY

Writer / NIM
NURHAWATIN BIGA / 151409481
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Advisor 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstract

Deskripsi  Bentuk-Bentuk  Kesalahan  Dalam Menyelesaikan  Soal  Cerita  Volum  Kubus Dan Balok Pada Siswa Kelas V Sdn I Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango

 

 

NURHAWATIN BIGA

NIM. 151 409 481

 

ABSTRAK

Nurhawatin Biga. 2013. Deskripsi  Bentuk-Bentuk  Kesalahan  Dalam Menyelesaikan  Soal  Cerita  Volum  Kubus Dan Balok Pada Siswa Kelas V Sdn I Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango. Skripsi.. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ismail Pioke, S.Pd.,M.Pd. dan pembimbing II Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd.,M.Si.

 

Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni bentuk-bentuk kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita volum kubus dan balok pada siswa kelas V SDN I Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita volum kubus dan balok pada siswa kelas V SDN I Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kuantitatif.

Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa bentuk-bentuk kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita volum kubus dan balok pada siswa kelas V SDN 1 Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango ditinjau dari empat aspek yakni kesalahan dalam memahami isi soal cerita, kesalahan siswa dalam menubah soal cerita kedalam kalimat matematika, kesalahan siswa dalam menyelesaikan kalimat matematika dan kesalahan siswa dalam menguji kembali kebenaran jawaban yang mereka temukan.  Kemampuan siswa untuk memahami isi soal cerita nampak bahwa siswa tidak dapat menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanya dari isi soal cerita, siswa juga umumnya tidak dapat merumuskan kalimat sesuai konteks soal cerita, siswa juga mengalami kekeliruan dalam menerapkan aturan-aturan dan prinsip-prinsip yang berlaku terhadap operasi-operasi bilangan pada kalimat matematika dan siswa juga mengalami kesulitan dalam mensubsitusikan kesimpulan jawaban yang mereka peroleh ke dalam kalimat matematika yang mereka gunakan. 

 

Kata Kunci: Bentuk Kesalahan, Soal Cerita

 

Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011