ESSAY

Writer / NIM
MAHYUDIN R. GANI / 151409511
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Advisor 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstract
ABSTRAK MAHYUDIN GANI, 2013. "Meningkatkan Motivasi Belajar SiswaMengenal Masalah Sosial Dengan Menggunakan Model STAD Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SDN I Dunu Kec. Monano". Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Gorontalo Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini apakah dengan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya materi masalah-masalah sosial di kelas IV SDN I Dunu Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara yang berjumlah 24 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Data hasil penelitian ini di analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD dapat meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran IPS materi masalah-masalah sosial. Hal ini ditunjukkan dari motivasi positif siswa yang sebelumnya pada pembelajaran siklus I 35,49% meningkat pada pada pembelajaran siklus II yang mencapai 53,71%. Meningkatnya motivasi belajar siswa berimbas pada peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan adanya ketuntasan hasil belajar pada pembelajaran siklus I 16 siswa atau 66,67% sedangkan yang tidak tuntas 8 siswa atau 33,33% dan meningkat pada pembelajaran siklus II yang mencapai 21 siswa atau 87,50% siswa yang mencapai ketuntasan dari KKM 70 yang telah ditetapkan dan masih terdapat 3 atau 12,50 siswa yang tidak tuntas. Dengan demikian indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu jika 83,33% atau 25 dari 30 siswa yang sudah memahami materi masalah-masalah sosial pada pembelajaran IPS. Disamping itu hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yaitu jika digunakan metode Problem Based Learning (PBL) maka pemahaman siswa dalam mengenal masalah-masalah sosial pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN I Dunu Kec. Monano dapat ditingkatkan, diterima. Kata Kunci : Motivasi, IPS, Model Pembelajaran STAD
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011