ESSAY

Writer / NIM
EFENDI PULUHULAWA / 151409513
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Advisor 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstract
ABSTRAK Efendi Puluhulawa. 2014. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Metode Bermain Peran di Kelas III SDN 3 Titidu Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M. Pd dan Pembimbing II Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah kemampuan berbicara siswa dapat ditingkatkan melalui metode bermain peran?" Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa melalui metode bermain peran pada siswa kelas III SDN 3 Titidu Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi dengan 2 siklus dan jumlah siswa 19 orang. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I meningkat menjadi 15 orang atau sebesar 78.94% dan pada siklus II ketuntasan meningkat lagi menjadi 18 orang atau ketuntasan sebesar 94,74%. Dengan demikian bahwa keterampilan siswa membaca melalui media gambar seri dapat meningkat dan mencapai standar ketuntasan yang ditetapkan. Kata Kunci: Kemampuan Berbicara, Metode Bermain Peran.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011