ESSAY

Writer / NIM
HALIM UWENTE / 151409516
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Advisor 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstract
ABSTRAK Halim Uwente 2014, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Rangka manusia dengan Menggunakan Model PembelajaranInkuiri di Kelas IV SDN I Bulontio Barat. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Irvin NovitaArifin, S.Pd, M.Pd. Penelitianinibermaksudmeningkatkanhasilbelajarsiswa menggunakan model pembelajaran inkuiri yang dilaksanakandalam 2 Siklus, dan instrument penelitian yang digunakanadalahlembarpengamatankegiatan guru, lembarpengamatansiswadananalisishasilbelajarsiswa.Hasilpengamatankegiatan guru padasiklus I diperoleh25danpadasiklus II meningkatmenjadi85.Hasilpengamatankegiatansiswa pada siklus I diperoleh4,55 dan siklus II mencapai 86,54. Siklus I hasilbelajarsiswadiperolehdayaserapklasikalsiswa65,93%, rata-rata kelasmencapai 65,93 dan siswa yang memperolehnilai75ke atas 33,33 %. Sementara pada siklus II yang memperoleh 75 ke atas 81,48 %, rata-rata kelas 81,29 dan daya serap klasikal 81,29 %. Dari data tersebut diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada materi rangka manusia dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri di kelas IV SDN I Bulontio Barat Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara dapat ditingkatkan. Kata Kunci: Inkuiri, HasilBelajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011