ESSAY

Writer / NIM
ERIS KUSMIRAN S. ALIWU / 151409534
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Advisor 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstract
ABSTRAK Eris Kusmiran S. Aliwu, Nim. 151409534. Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Menghargai dan Menaati Keputusan Bersama Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) di Kelas V SDN 1 Limbato Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara, 2016. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1), Dra. Elmia Umar, M.Pd, (2). Nurhayati Tine, S.PdI. M.HI. Permasalahan dalam penelitian ini yakni: 1). Minat belajar siswa kelas V masih rendah, 2). Metode belajar guru masih monoton ceramah, 3). Kurangnya interaksi antara siswa dan guru, 4). Guru belum menggunakan metode Bermain Peran (Role Playing). Tujuan Penelitian ini tidak lain untuk meningkatkan minat Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn Melalui Metode Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) di Kelas V SDN 1 Limbato Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat langkah yakni tahap perencanaan, tahap tindakan, observasi dan tahap refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal dalam penelitian ini antara lain minat belajar siswa pada observasi awal terlihat bahwa dari 21 orang siswa tersebut hanya 7 orang siswa (33%) yang memiliki keinginan kuat belajar dengan baik di kelas, dan 14 orang siswa (67%) yang masih rendah minat belajarnya, untuk itu upaya pelaksanaan tindakan siklus I diadakan. Setelah tindakan siklus I terlihat ada perubahan, tetapi hanya 8 orang siswa (38%) yang berminat sedangkan 13 siswa lainnya (62%) masih sangat rendah keinginan untuk belajar. Dari upaya tindakan siklus I belum optimal, maka peneliti melakukan tindakan pada siklus II dengan hasil yang sangat memuaskan. Hal ini terlihat pada perubahan yang sangat signifikan yakni dari keseluruhan jumlah siswa 21 orang terdapat 18 siswa (86%) yang berminat sedang sisanya hanya 3 orang siswa (14%) tidak berminat, sehingga pelaksanaan tindakan tidak dilanjutka atau dinyatakan tuntas. Kata Kunci: Belajar, Minat Belajar, Metode Pembelajaran, Metode Bermain Peran (Role Playing)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011