ESSAY

Writer / NIM
MUHAMAD HAMZAH / 151409540
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Advisor 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstract

ABSTRAK

 

Muhamad Hamzah. 2014. Meningkatkan Kemampuan Mengoperasikan Komputer melalui Metode Drill pada pelajaran TIK di Kelas V SD Negeri 1 Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar RivaI,S.Pd. M.Pd dan pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag. MA. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Kemampuan Mengoperasikan Komputer melalui Metode Drill pada pada pelajaran TIK di Kelas V SD Negeri 1 Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara dapat ditingkatkan?” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kemampuan Mengoperasikan Komputer melalui Metode Drill pada pada pelajaran TIK di Kelas V SD Negeri 1 Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus di kelas V SD Negeri 1 Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Tehnik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus diperoleh hasil observasi awal yang mampu 8 orang atau dengan persentasi sebesar 40%, pada siklus I yang mampu 14 orang atau dengan persentasi sebesar 70% dan pada siklus II meningkat yang mampu 18 orang dengan persentasi sebesar 90%. Berdasarkan tindakan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui metode Drill pada pelajaran TIK, guru dapat meningkatkan kemampuan mengoperasikan komputer di kelas V SD Negeri 1 Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara.

 

Kata Kunci: Kemampuan Siswa, Mengoperasikan Komputer, Metode Drill.

Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011