ESSAY

Writer / NIM
HESTI HILAHAPA / 151410002
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Advisor 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstract
ABSTRAK Hesti Hilahapa. 2017. Meningkatkan Kemampuan Siswa Mengidentifikasi Bangun Ruang Sederhana melalui Media Visual di Kelas I SDN 51 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Asni Ilham, S.Pd., M.Si. Pembimbing II: Dra. Samsiar RivaI, S.Pd., M.Pd. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah "Apakah media visual dapat meningkatkan kemampuan siswa mengidentifikasi bangun ruang sederhana pada siswa kelas I SDN 51 Dumbo Raya Kota Gorontalo?". Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa mengidentifikasi bangun ruang sederhana di kelas I SDN 51 Dumbo Raya Kota Gorontalo dengan menggunakan media visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa dari 33 siswa yang dikenai tindakan, siswa yang telah mampu mengidentifikasi bangun ruang sederhana dengan menggunakan media visual berjumlah 24 siswa atau 72,73%, sedangkan siswa yang belum mampu mengidentifikasi bangun ruang sederhana berjumlah 9 siswa atau 27,77%. Data siklus II menunjukkan bahwa dari 33 siswa yang dikenai tindakan, siswa yang telah mampu mengidentifikasi bangun ruang sederhana dengan menggunakan media visual berjumlah 30 siswa atau 90,91%, sedangkan siswa yang belum mampu mengidentifikasi bangun ruang sederhana berjumlah 3 siswa atau 9,1%. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa media visual dapat meningkatkan kemampuan siswa mengidentifikasi bangun ruang sederhana di kelas I SDN 51 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Kata Kunci: Bangun Ruang Sederhana, Media Visual
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011