ESSAY

Writer / NIM
MEISKE IMRAN / 151410003
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Advisor 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstract
ABSTRAK Meiske Imran. 2014. "Penerapan Media Gambar dalam Menulis Puisi pada Siswa Kelas V SDN 4 Bongomeme Kabupaten Gorontalo". Skripsi. Program Studi SI PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II, Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana Penerapan Media Gambar Dalam Menulis Puisi Pada Siswa Kelas V SDN 4 Bongomeme Kabupaten Gorontalo?". Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang penerapan media gambar dalam menulis puisi pada siswa kelas V SDN 4 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunaka adalah melalui prosedur angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil angket, wawancara, dan observasi dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar dalam menulis puisi pada siswa kelas V di SDN 04 Bongomeme Kabupaten Gorontalo telah dilaksanakan oleh guru dengan baik. Dikatakan demikian, karena dari hasil analisis data yang diperoleh dari hasil angket, wawancara, dan observasi dalam pembelajaran menulis puisi diperoleh hasil 85% dengan kategori baik. Hal ini disebabkan hasil rata-rata yang diperoleh berada pada persentase 76%-100% maka dapat dikategorikan baik. Selain itu dengan diterapkannya media gambar siswa lebih mudah dalam menulis puisi sesuai dengan unsur-unsur puisi yaitu, tipografi, diksi, imajinasi, kata konkret, majas, rima dan irama dengan benar. Kata Kunci : Penerapan Media Gambar, Menulis Puisi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011