ESSAY

Writer / NIM
HERLINA YULIANI ABD. HALIM / 151410019
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Advisor 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstract
Herlina Yuliani Abd. Halim, 2014. Implementasi membaca permulaan ditinjau dari faktor fisiologis dan lingkungan siswa kelas I SDN 14 Bongomeme. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan pembimbing II Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah " Bagaimana implementasi membaca permulaan ditinjau dari faktor fisiologis dan lingkungan siswa kelas I SDN 14 Bongomeme?" Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi membaca permulaan ditinjau dari faktor fisiologis dan lingkungan siswa kelas I SDN 14 Bongomeme. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa observasi, wawancara terstruktur, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa implementasi membaca permulaan ditinjau dari faktor fisiologis dan lingkungan siswa kelas I SDN 14 Bongomeme berlangsung cukup baik dengan persentase rata-rata 62,5% yang diperoleh dari hasil wawancara terstruktur siswa memperoleh persentase 63%, hasil wawancara terstruktur guru memperoleh persentase 67%, hasil observasi 65% yang didukung oleh data hasil angket yang diberikan pada orang tua siswa memperoleh persentase 55%. Jadi kesimpulannya bahwa implementasi membaca permulaan ditinjau dari faktor fisiologis siswa kelas I SDN 14 Bongomeme berlangsung cukup baik. Kata kunci: Membaca permulaan, faktor fisiologis, faktor lingkungan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011