Writer / NIM
						HERLINA YULIANI ABD. HALIM / 151410019
						Study Program
						S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
						Advisor 1 / NIDN
						Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
						Advisor 2 / NIDN
						SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
						Abstract
						Herlina Yuliani Abd. Halim, 2014. Implementasi membaca permulaan ditinjau dari faktor fisiologis dan lingkungan siswa kelas I SDN 14 Bongomeme. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan pembimbing II Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah " Bagaimana implementasi membaca permulaan ditinjau dari faktor fisiologis dan lingkungan siswa kelas I SDN 14 Bongomeme?" Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi membaca permulaan ditinjau dari faktor fisiologis dan lingkungan siswa kelas I SDN 14 Bongomeme. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa observasi, wawancara terstruktur, angket, dan dokumentasi. 
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa implementasi membaca permulaan ditinjau dari faktor fisiologis dan lingkungan siswa kelas I SDN 14 Bongomeme berlangsung cukup baik dengan persentase rata-rata 62,5% yang diperoleh dari hasil wawancara terstruktur siswa memperoleh persentase 63%, hasil wawancara terstruktur guru memperoleh persentase 67%, hasil observasi 65%  yang didukung oleh data hasil angket yang diberikan pada orang tua siswa memperoleh persentase 55%. Jadi kesimpulannya bahwa implementasi membaca permulaan ditinjau dari faktor fisiologis siswa kelas I SDN 14 Bongomeme berlangsung cukup baik.
Kata kunci: Membaca permulaan, faktor fisiologis, faktor lingkungan
						Download files