Writer / NIM
ABD. RAHMAN MOODUTO / 151410023
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Advisor 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstract
ABSTRAK
Abdul Rahman Mooduto. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Memperagakan Tari Saronde Kreasi Melalui Metode Driil Di Kelas V SDN 5 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Jurusan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Pd Dan Pembimbing II Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah metode Drill dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memperagakan tari saronde kreasi di kelas V SDN 5 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa memperagakan tarian saronde kreasi di kelas SDN V 5 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari dua siklus. Dari 16 orang siswa pada observasi awal kemampuan siswa, ada 2 orang atau 12,5% yang mampu. Siklus I siswa yang mampu sebanyak 8 orang siswa atau 50% sedangkan pada siklus II siswa yang mampu sebanyak 14 orang atau 87,5%..
Kesimpulan yang diperoleh yakni kemampuan siswa memperagakan tarian saronde kreasi melalui metode drill di kelas V SDN 5 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata Kunci : Kemampuan, Tari Saronde Kreasi, Metode Driil,
Download files