ESSAY

Writer / NIM
MOHAMAD ZAINUL MUTTAKIN / 151410039
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Advisor 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstract
ABSTRAK Moh Zainul Muttakin, 2017. Penerapan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai agama di Sekolah Dasan Negeri No. 84 Kota Tengah Kota Gorontalo. Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2017. Pembimbing 1 : Dr. Yusuf Jafar M.Pd, Pembimbing II : Nurhayati Tine, S.Pd.I, M.HI Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan Penerapan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Agama di Sekolah Dasar Negeri No. 84 Kota Tengah Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian penerapan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai agama dapat diintegrasikan dalam pembelajaran pada setiap mata pelajaran. Materi pembelajaran yang berkaitan dengan norma atau nilai-nilai pada setiap mata pelajaran dikembangkan dan dikaitkan dengan konteks kehidupan sehari-hari. Dalam penerapan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai agama ada 5 nilai karakter yang di terapkan di sekolah dasar tersebut meliputi: a) nilai religius, b) kejujuran, c) kedisplinan, d) hormat dan santun, dan e) tanggung jawab. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan Penerapan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Agama di Sekolah Dasar Negeri No.84 Kota Tengah Kota Gorontalo belum diterapkan secara keseluruhan. Kata Kunci: Penerapan, Pendidikan, Karakter, Nilai-nilai Agama ABSTRACT Moh. Zainul Muttakin, 2017. The application of religion based character education at SDN No. 84 Kota Tengah, Gorontalo City. Study Program of Elementary School Teacher Education, Faculty of Educational, State University of Gorontalo. Principal Supervisor is Dr. Yusuf Jafar, M.Pd and Co-Supervisor is Nurhayati Tine, S.Pd.I, M.HI. This study aimed at describing the implementation of religion based character education at SDN No. 84 Kota Tengah, Gorontalo City. The Method used in this research is descriptive qualitative with the case study approach. The result of this study can be integrated to teaching process in each subject of study. Learning material should be related to the norm or value and integrated to the context of the daily life activity. There are feve implementation value whichh can be integrated in that school are; a) Religion value, b) Honesty, c) Discipline, d) Respect and Grace, and e) Responsibility. It can be concluded that the implementation of this research has not been implemented overall. Keywords: Implementation, Character Education, Religion Value
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011