ESSAY

Writer / NIM
MIRNA U. AHMAD / 151410058
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstract
ABSTRAK Mirna U. Ahmad: 2012 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Penerapan Metode Inkuiri Di Kelas V SDN 1 Mohiyolo Kecamatan Asparaga Kabupaten Gorontalo. Pembimbing I Prof.Dr.H Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd Universitas Negeri Gorontalo Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Permaslahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN I Mohiyolo? Dan tujuan penelitiannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya di kelas V SDN I Mohiyolo, Kecamatan Asparaga, Kabupaten Gorontalo melalaui penerapan metode inkuiri. Adapun metode penelitian ini adalah metode deskriptif melalui penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu penulis melaksanakan tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui empat tahap yakn: 1. Persiapan pembelajaran, 2. Kegiatan pengamatan, 3. Kegiatan praktikum, 4. Membuat laporan. Pada pelakasanan tindakan siklus 1 diperoleh data bahwa rata-rata hasil belajar 24 orang siswa kelas V adalah 78,39%. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar 24 orang siswa kelas V 84,90% sesuai dengan analisis data yang diperoleh secara kuantitatif, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran melalui penggunaan penerapan metode inkuiri ternyata mampu meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN I Mohiyolo. Kata Kunci. Sifat-Sifat Cahaya: Metode Inkuiri
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011