ESSAY

Writer / NIM
YENI ABUDI / 151410068
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Advisor 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstract
ABSTRAK YENI ABUDI. 2014. Meningkatkan kemampuan siswa menggambar ilustrasi melalui pendekatan kontekstual di kelas V SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program studi S1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs.H.Haris Mahmud,S.Pd,M.Si dan Pembimbing II, Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan siswa kelas V SDN 1 Limboto Barat dalam menggambar ilustrasi dapat ditingkatkan melalui pendekatan kontekstual ? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas V SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo dalam menggambar ilustrasi melalui pendekatan kontekstual. Aspek yang dinilai dalam penelitian ini adalah penggunaan alat/media gambar, kemampuan memberi warna, kesesuaian tema dengan gambar dan kerapian gambar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Karakteristik subjek penelitian ini adalah 20 orang, yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Berdasarkan penelitian, pada observasi awal persentase siswa yang mampu 30% atau 6 siswa dan persentase siswa yang tidak mampu yaitu 70% atau 14 siswa. Siklus I persentase siswa yang mampu adalah 13 siswa atau 65% dan meningkat pada siklus II dengan persentase 90% atau 18 siswa, sedangkan persentase siswa yang tidak mampu pada siklus I adalah 35% atau 7 siswa dan pada siklus II persentase siswa yang tidak mampu adalah 2 siswa atau 10%. Berdasarkan penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa menggambar ilustrasi di kelas V SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Kata kunci : Kemampuan, Menggambar Ilustrasi, Pendekatan Kontekstual.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011