ESSAY

Writer / NIM
MERLINDA UMAR / 151410072
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Advisor 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstract
Merlinda Umar, 2014. Studi Tentang Kemampuan Menentukan Hasil Pengurangan Pecahan Biasa Di SDN 9 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, 2014. Pembimbing I, Dra.Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II, Dra.Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Bagaimana kemampuan menentukan hasil pengurangan pecahan biasa di SDN 9 Batudaa Kabupaten Gorontalo?". Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menentukan hasil pengurangan pecahan biasa di SDN 9 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif. Teknik pengumpulan data adalah Tes, Dokumentasi dan Wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan menentukan hasil pengurangan pecahan biasa yang dilakukan di SDN 9 Batudaa berfokus di kelas IV, ada 12 orang siswa atau 57.1% mampu menentukan KPK dengan benar, sedangkan 16 orang siswa atau 76.1% mampu menentukan hasil pengurangan pecahan biasa dan termasuk dalam kategori mampu dengan perolehan nilai dari 70-100. Sedangkan 5 orang siswa atau 23.8 % yang termasuk dalam kategori kurang mampu dengan perolehan nilai dari 60-69. Siswa yang kurang mampu tidak dibiarkan guru begitu saja tetapi diberikan tugas-tugas dan menjelaskan kembali materi pengurangan pecahan biasa untuk memantapkan materi tersebut. Dengan persentase tersebut membuktikan bahwa siswa kelas IV sudah mampu menentukan hasil pengurangan pecahan biasa atau sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM). Kata Kunci : Kemampuan, Menentukan , Pengurangan, Pecahan biasa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011