ESSAY

Writer / NIM
INGKE ISMAIL / 151410082
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Advisor 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstract
ABSTRAK INGKE ISMAIL, 2016. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SDN 3 Telaga Biru. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si dan pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas IV SDN 3 Telaga Biru. Penelitian ini berhipotesis untuk mengkaji perbedaan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan yang tidak menggunakan model pembelajran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas IV SDN 3 Telaga Biru. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung = 4,11 dan tdaftar = 2,021, sehingga thitung>tdaftar. Ini berarti Ho ditolak dan menerima hipotesis Ha (Ha diterima). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat efektifitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika yang menggunaknan model pembelajaran kooperatiftipe make a match dengan yang tidak menggunaknan model pembelajaran kooperatif tipe make a match di kelas IV SDN 3 Telaga Biru. Kata Kunci: Efektivitas, Aktivitas belajar, Make a Match
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011