ESSAY

Writer / NIM
ERNI LADUYO / 151410084
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstract
ABSTRAK Erni Laduyo. 2015. Kemampuan Guru Dalam Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si, dan Pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pd.I., M.H.I Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan guru dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah Kabupaten Gorontalo. (2) Apakah guru memiliki kendala dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ? (3) Apakah solusi untuk mengatasi kendala kemampuan guru? Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan Guru Dalam Menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah Kabupaten Gorontalo. (2) Untuk mendeskripsikan kendala dalam penerapan model pembalajaran kooperatif tipe jigsaw.(3) Untuk mendeskripsikan solusi untuk mengatasi kendala kemampuan guru dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw..Penulisan penelitian ini menggunanakan pendekatan kualitatif menggambarkan secara deskriptif kemampuan guru dalam menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah Kabupaten Gorontalo. Analisis diperoleh dari pengamatan, wawancara, serta dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil pengamatan, wawancara, serta dokumentasi yang dilakukan diperoleh bahwa guru sudah mampu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dapat disimpulkan dalam melaksanakan proses pembelajaran secara efektif dan efisien baik dalam penggunaan media, pengembangan materi, dan menerapkan metode maupun model pembelajaran sudah menunjukkan hasil yang maksimal sehingga siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran Kata Kunci : Kemampuan Guru, Kooperatif Tipe Jigsaw.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011