ESSAY

Writer / NIM
ERVINA LADUYO / 151410085
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Advisor 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstract
Ervina Laduyo. 2012. Meningkatkan Kemampuan Menentukan Rumus Luas Jajar Genjang dengan Pendekatan Persegi Panjang Melalui Metode Inquiry pada sisiwa kelas IV SDN 1 Bululi Kelas Jauh Kecamatan Asparaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi program S-1 PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan menentukan rumus luas jajar genjang dengan pendekatan persegi panjang dapat ditingkatkan melalui metode inquiry pada siswa kelas IV SDN 1 Bululi Kelas Jauh Kecamatan Asparaga Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menentukan rumus luas jajar genjang dengan pendekatan persegi panjang pada siswa kelas IV SDN 1 Bululi Kelas Jauh Kecamatan Asparaga Kabupaten Gorontalo melalui metode inquiry. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN 1 Bululi kelas jauh yang berjumlah 15 siswa terdiri dari 5 orang putra dan 10 orang putri, penelitian ini diawali dengan observasi awal dengan menggunakan 2 siklus yang meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap pemantauan dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi. Perolehan hasil penelitian pada pembelajaran tindakan siklus I pencapainnya pada menentukan rumus luas jajar genjang dengan pendekatan persegi panjang melalui metode inquiry yaitu aspek yang dinilai: (a) mampu menentukan rumus luas jajar genjang dengan pendekatan persegi panjang, 8 orang siswa atau 53% kriteria mampu, 7 orang siswa atau 47% kriteria belum mampu. (b) mampu menentukan luas jajar genjang, 9 orang siswa atau 60% kriteria mampu, 6 orang siswa atau 40% kriteria belum mampu. Sehingga dilakukan tindakan siklus II dengan pencapainnya pada menentukan rumus luas jajar genjang dengan pendekatan persegi panjang melalui metode inquiry yaitu aspek yang dinilai: (a) mampu menentukan rumus luas jajar genjang dengan pendekatan persegi panjang, 13 orang siswa atau 87% kriteria mampu, 2 orang siswa atau 13% kriteria belum mampu. (b) mampu menentukan luas jajar genjang, 13 orang siswa atau 87% kriteria mampu, 2 orang siswa atau 13% kriteria belum mampu. Dengan tercapainya indikator kinerja maka hipotesis tindakannya diterima. Berdasarkan hasil penilitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode inquiry, kemampuan menentukan rumus luas jajar genjang dengan pendekatan persegi panjang pada sisiwa kelas IV SDN 1 Bululi kelas jauh Kecamatan Asparaga Kabupaten Gorontalo telah meningkat dari 33% atau 5 siswa menjadi 87% atau 13 siswa yang telah mampu Kata Kunci: Kemampuan, Rumus Luas Jajar Genjang, Persegi Panjang, Metode Inquiry.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011