ESSAY

Writer / NIM
FEBRIYANTI KAI / 151410142
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Advisor 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstract
Febriyanti Kai. 2016. Meningkatkan Keterampilan Menggambar Dekoratif Melalui Metode Kontekstual dalam Pembelajaran SBK Pada Siswa Kelas V SDN 1 Mootilango Kabupaten Gorontalo. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui Meningkatkan Keterampilan Menggambar Dekoratif Melalui Metode Kontekstual dalam Pembelajaran SBK Pada Siswa Kelas V SDN 1 Mootilango Kabupaten Gorontalo. Metode yang dipakai adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Kemampuan belajar siswa pada kegiatan siklus I dan II, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode kontekstual yang dapat meningkatkan keterampilan menggambar dekoratif pada siswa Kelas V SDN 1 Mootilango. Hal ini terlihat pada siklus I, bahwa secara klasikal terdapat 14 orang siswa atau 70% sudah terampil. Setelah diadakan refleksi dan perbaikan pembelajaran pada siklus II, terjadi peningkatan keterampilan menggambar dekoratif terdapat 16 orang siswa atau 80%. Sehingga disimpulkan bahwa "Dengan menggunakan metode kontekstual maka keterampilan menggambar dekoratif pada siswa Kelas V SDN 1 Mootilango Kabupaten Gorontalo meningkat", dengan demikian hipotesis penelitian tindakan ini dapat diterima. Kata Kunci : Meningkatkan Keterampilan Menggambar, Metode Kontekstual
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011