ESSAY

Writer / NIM
MARIYATI PONTO / 151410148
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Advisor 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstract
ABSTRAK Mariyati Ponto. 2014. Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Asparaga. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dra. Hj. Salma Halidu S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN 02 Asparaga.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan siswa dalam menulis karangan deskripsi melalui media gambar. Alat pengambilan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini berupa pedoman observasi dan lembar penilaian siswa. Teknik analisis data digunakan yaitu teknik deskriptif kuantitatif dilakukan dengan 2 siklus pada 24 siswa. Hasilpada observasi awal, 5 orang (2%) yang mampu menulis karangan deskripsi dan19 orang (98%) dari 24siswa. Pada siklus1 menunjukkan bahwa siswa yang mampu menulis karangan deskripsi menjadi 11 orang (46%) dan yang tidak mampu 13 orang(54%).Setelah diadakan perbaikan pada siklus 2 meningkat menjadi 22 orang (92%) yang mampu menulis karangan deskripsi serta 2 orang (8%) yang belum mampu. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN 02 Asparaga Kabupaten Gorontalo terjadi peningkatan setelah diadakan tindakan. Kata kunci : Menulis, karangan deskripsi, media gambar.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011