ESSAY

Writer / NIM
YUNUS N. BANUNA / 151410152
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstract
ABSTRAK Yunus N. Banuna. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Lambang Koperasi Indonesia Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN Inpres Kayubulan Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj Hakop Walangadi, M.Si, Pembimbing II Drs. Haris Mahmud, S.Pd M.Si. Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada materi Lambang Koperasi Indonesia di kelas IV SDN Inpres Kayubulan Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Lambang Koperasi Indonesia pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN Inpres Kayubulan Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo melalui penggunaan media gambar. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan materi Lambang Koperasi Indonesia dengan menggunakan media gambar. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa dari 23 orang siswa yang dikenai tindakan adalah 15 orang atau 65% memperoleh nilai 6,5 ke atas sedangkan 8 orang atau 35% memperoleh nilai kurang 6,5. Melihat kriteria keberhasilan tersebut belum mencapai indikator, maka dilanjutkan ke siklus II. Ternyata hasil pelaksanaan tindakan siklus II menunujukkan bahwa dari 23 orang siswa, 19 siswa atau 83% mendapat nilai lebih dari 6,5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan media gambar pada materi Lambang Koperasi Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Inpres Kayubulan Kecamatan Batudaa Pantai Tahun Pelajaran 2011/2012. Kata Kunci : Lambang Koperasi Indonesia, Media Gambar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011