ESSAY

Writer / NIM
RIFKA KASAN / 151410156
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstract
ABSTRAK Rifka Kasan. NIM. 151410156. 2014. Analisis Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN 16 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M. Si dan Pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pd.I, MHi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana penerapan model pembelajaran talking stick pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 16 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo, Apa kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan model pembelajaran talking stick dan Bagaimana cara guru mengatasi kendala dalam menerapkan model pembelajaran talking stick". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang Penerapan model pembelajaran talking stick pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 16 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo, Kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan model pembelajaran talking stick dan Cara guru mengatasi kendala dalam menerapkan model pembelajaran talking stick. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu peneliti mendeskriptifkan hasil pengamatan suatu kegiatan guru dalam menerapkan model pembelajaran talking stick pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 16 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil pengamatan, wawancara serta dokumentasi yang dilakukan diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran talking stick membantu guru dalam menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan walaupun masih terdapat beberapa kendala dan hambatan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model ini dapat membangun keaktifan siswa karena ada suasana permainaan yang melibatkan siswa secara keseluruhan. Saat penerapannya juga ditemui beberapa kendala atau hambatan, namun dapat diatasi dengan baik oleh guru pengajar. Model pembelajaran talking stick mampu membangkitkan semangat belajar siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Talking Stick.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011