ESSAY

Writer / NIM
WIWIN AKUBA / 151410158
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstract
ABSTRAK Wiwin Akuba, 2012. Meningkatkan Kemampuan Memelihara Kebersihan Lingkungan Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Pembiasaan (Studi Penelitian Tindakan Kelas IV di SDN 3 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango). Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Prof. Dr. Abd. Haris Panai, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II, Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa Kelas IV SD 3 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango dalam memelihara kebersihan lingkungan pada mata pelajaran IPA melalui metode pembiasaan. Permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan siswa kelas IV SD 3 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango dalam memelihara kebersihan lingkungan pada mata pelajaran IPA dapat meningkat melalui metode pembiasaan? Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas pada siswa IV SD 3 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango yang jumlah siswanya 25 orang, dengan sistem pembahasan dalam bentuk dua siklus. Kekurangan atau ketidaktuntasan pada siklus sebelumnya telah dibahas pada siklus selanjutnya. Dari hasil kegiatan melalui pengamatan yang dilaksanakan dalam tiga siklus tersebut terlihat bahwa kemampuan siswa kelas IV SD 3 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango dalam memelihara kebersihan lingkungan pada mata pelajaran IPA dapat ditingkatkan melalui metode pembiasaan. Peningkatan tersebut dicapai secara bertahap yaitu; pada observasi awal kemampuan memelihara kebersihan lingkungan hanya 33,33 % atau 8 orang siswa, pada siklus I kemampuan memelihara kebersihan lingkungan mengalami peningkatan hingga mencapai 53,33 % atau 13 orang siswa, pada siklus II kemampuan memelihara kebersihan lingkungan mengalami peningkatan hingga mencapai 68 % atau 17 orang siswa, dan pada tindakan siklus III sebagai akhir dari penelitian ini meningkat menjadi 86,67 % atau 22 orang siswa. Sebagai implikasi atau saran dalam penelitian ini adalah diharapkan kepada guru SD pada umumnya untuk dapat mengoptimalkan pelaksanaan metode pembiasaan dalam meningkatkankan kemampuan memelihara kebersihan lingkungan pada mata pelajaran IPA. Di samping itu, diharapkan kepada pihak-pihak terkait untuk memberikan dukungan dalam setiap pelaksanaan tindakan kelas demi perbaikan mutu pendidikan secara multi kompleks. Kata Kunci: Kebersihan Lingkungan, Metode Pembiasaan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011